Jan 4, 2009

RT/RW Net dengan Speedy

Setelah beberapa waktu sibuk dengan programming Java MIDP 1.0, akhirnya saya punya kesempatan untuk ngoprek Access Point Linksys WRT54G2 yang saya beli beberapa waktu yang lalu seharga 600 ribu kurang dikit. Sebenarnya saya agak menyesal membeli AP ini karena ternyata tidak bisa digunakan seperti yang saya rencanakan, bukan karena AP-nya jelek tetapi lebih kepada ISP yang sudah saya pesan bandwidth tidak mampu menjangkau basecamp NR-Tech, oleh sebab itu akhirnya saya pesen Speedy time based 50 Jam.
Ceritanya kemarin sore sekitar pukul 16.00 saya berada pada keadaan ngantuk sekali, tetapi waktu udah mepet sore belum mandi dan belum sholat ashar akhirnya dari pada tidur nanggung, saya putuskan untuk berbuat yang lebih produktif dan tanpa sadar saya melihat kotak biru-hitam yaitu kotak Access Point Linksys WRT54G2, terbersit keinginan untuk membongkar kotak tersebut dan melihat isinya. Buka-buka buku manualnya dan akhirnya nyolokin AP ke power dan melihat web confignya akhirnya saya ambil keputusan bahwa AP ini sangat bagus, dan mungkin cocok untuk membangun RT/RW Net. Setelah pengujian beberapa saat saya bisa ambil kesimpulan bahwa AP ini bisa mencakup radius kurang lebih 30Meter dari basecamp NR-Tech, dan bila saya hitung rumah dengan radius 30meter di perumnas Limbangan Wetan terdapat lebih dari 10 rumah. Jadi hitung-hitung kalau AP ini saya hubungkan dengan Speedy Unlimit personal yang saya tahu biaya berlangganannya sekitar 750ribu perbulan, maka biaya akses internet untuk 10 rumah cuman 75ribu perbulan tanpa batas quota -Aku pernah tanya ke pihak telkom bila saya pesen Speedy Personal Unlimit dan saya share ke lebih dari 1 komputer hukumnya bagaimana ?, pihak telkom menjawab bahwa itu sah dan legal.
Dari pada ngomong kebanyakan langsung saja saya bagi info langkah-langkah saya mensetting AP ini untuk konek ke speedy. Sebagai catatan saya masih menggunakan Speedy time base 50 Jam, tetapi saya pernah mencoba setting Speedy personal dengan config modem sebagai bridge dan itu berhasil. Jadi kesimpulannya dengan speedy personal unlimit harusnya langkah ini juga berhasil.


Setting Modem Speedy.


1. Login ke web config modem. Default setting dari modem speedy biasanya
IP Address : 192.168.1.1
Username : admin
Password : admin


2. Setting interface untuk internet sebagai bridge.


3. Setting Ip Address modem. Saya mensseting ini karena ingin tidak bingung dengan IP Address dari Access Point, karena bila AP saya rubah IP-nya, aplikasi desktop yang disebut (LELA) tidak bisa berjalan.


setting Access Point


1. Login ke web config Access Point. Default setting
IP Address : 192.168.1.1
Username : admin
Password : admin

2. Setting PPPoE sesuai dengan username dari speedy


3. Setting SSID, jika dibutuhkan.


4. Setting Radius atau metode security lain jika dibutuhkan. Dengan feature Radius, ini memungkinkan kita untuk mensetting AP untuk digunakan di Hotel atau Cafe atau tempat nongkrong lain yang akses internetnya berbayar.


5. Kondisi status sebelum terkoneksi ke speedy, Login Status menunjukan pada Disconnected. Click pada tombol Connect untuk melakukan koneksi ke Speedy.


6. Proses autentifikasi dan proses hand-shake lain sedang dijalankan.


7. Apabila AP telah terkoneksi Login Status akan berubah ke Connected.


Setting Laptop atau perangkat lain.

1. Setting IP Address pada laptop atau perangkat lain. Bisa juga menggunakan DHCP, tetapi pada bagian DNS akan lebih baik kalau disetting manual, karena saya belum dapat cara untuk setting otomatis lewar DHCP.


2. Setelah koneksi ke AP berhasil coba koneksi dengan ping ke google atau ke web lain.






Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan solusi untuk internet murah.
Terima kasih

Tambahan :
Ahh.... gara-gara si Ujo nich... gua dikasih link untuk ikutan lomba blog dijamin mura. Ya.. udah berarti saya harus mencantumkan link dijaminmurah.com. Heheheheh. Thanks jo....
Andi Wiranata said...

thank atas infonya...

NR Technology said...

Sama-sama. Intinya kan berbagi buat kebaikan bersama

The Hero said...

pu..zing Om

NR Technology said...

The Hero -> pusingnya sebelah mana ohm. KLlo mau intens tanya bisa langsung email ke wawan_redhat@yahoo.com

Anonymous said...

mas kalau time base kan modelnya seperti dialup, yang ditanyaka napakah dengan siapakah yang nanti dialup dari client atau apnya ?

NR Technology said...

Anonim -> gak mudeng pertanyaannya saya...!!!
Tapi yang jelas yang melakukan dial ke telkom adalah access point yang digunakan untuk nyebar bandwidth. Tetapi di set yang melakukan modem-nya juga bisa ding, cuman dalam tulisan saya yang saya gunakan untuk dial adalah access point-nya.
Semoga menjawab pertanyaan

arnov said...

O, berarti cara konek dan putusnya lewat web sesuai panduan, kemudian konect ya, kalau lewat modem bisa bisa tidak ya :)

NR Technology said...

ar.ruh.nov -> yaa seperti itulah. Cuman kalau kita set sesuai dengan tulisan saya gak perlu connect dan disconnect via web, tinggal hidupin dan matikan access point udah langsung otomatis connect dan disconnect ke server telkom.

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search